Jumat, 04 Mei 2012

Mengenal Kata TAQWA

Mendengar kata TAQWA tentu bukan sebuah kata yang asing ditelinga kita, bahkan setiap orang di muka bumi ini sering mendengarnta terutama kita semua sebagai orang Indonesia, terutama umat Islam kata itu merupakan kata yang sering sekali kita ucapkan, bahka prasyarat sebagai seorang pejabat publik pun mensyaratkan TAQWA, dalam setiap sholat jum'at khotib selalu wasiat dengan TAQWA, pertanyaannya sebagaimana kadar ke-TAQWA an kita ? 

Dalam Surat Ali Imran : 102, Allah SWT., bersabda :
" Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam Keadaan beragama Islam. "


bila kita perhatikan dengan seksama ayat tersebut diatas dengan pemahaman bahasa Indonesia bukan dengan bahasa Qur-an atau ilmu alat dan tafsir yang sesungguhnya, sebagai orang awam tentu kita akan mengartikannya dengan membaca arti dari ayat tersebut seperti yang saya tulis diatasmaka akan kita sebuah kalimat yang secara sederhana menggelitik akal sehat kita yakni "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah...", yang diseru adalah orang yang beriman untuk bertaqwa dengan kata lain tak selamanya orang - orang yang beriman (percaya kepada Allah SWT.) itu ber-TAQWA dengan arti kata takwa yang sederhanapula yakni menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi larangan - Nya. 
Melihat seruan Allah itu saya jadi mengingat dengan kelemahan dan kekurangan diri sendiri memang sebenarnya diri kita ini walau percaya bahwa Allah-lah yang Maha Kuasa, Maha Kasih, Maha Sayang, Maha Mengetahui, Maha Merajai dan Maha dari segala Maha, tapi kita masih ingkar atas segala perintahnya, tentu sebagai orang yang percaya atas segala kekuasan-Nya kita sering kali melupakan perintah Allah, bahkan walau hanya perintah yang tersurat ( dalam Al-Qur'an). 
Jika memahami keadaan tersebutwajar kiranya Allah dalam ayatnya menyeru kita semua yang telah percaya akan kekuasaanya untuk selalu memenuhi segala apa yang di perintahkannya dan menjauhi semua yang dilarangnya, belumlah kita bicara dengan perintah Allah yang tersirah atau yang dicontohkan oleh Rosululloh SAW., berapa banyak perintah Allah yang kita khianati ?
Acapkali kita hanya akan bergumam dalam hati bahwa Allah maha pengampun, jadi bila kita berbuat dosa maka Allah akan memaafkannya, atau ohh...ini perintah Allah yang diperuntukan bagi orang yang mampu saja, kita belum mampu, lalu apakah Allah tidak faham dengan keadaan mahluknya sehingga memerintahkan sebuah perintah kepada mahluknya dengan perintah yang tak mampu dilaksanakan oleh kita sebagai mahluknya. Tentu saja tidak dan disini pula fungsi Ikhtiar kita sebagai mahluk dengan berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan segala perintah-Nya tanpa harus pilih-pilih.
Memang tak semudah membalik telapak tangan tapi bila ada keinginan disana ada jalan, dan dalam sisi ibadah Allah memang tidak memaksakan, karna Ia hanya memerintahkan sebatas kemampuan kita, tapi bila kita punya keinginan untuk terus meningkatkan kualitas ibadah kita dalam melaksanakan perintah-Nya tentu Allah akan senang, sebagaimana Allah berfirman : "bila engkau berjalan menuju Ku maka aku berlali mendekatimu.", bila kita berusaha keras dalam menjalankan perintahnya maka Allah akan mendekati kita lebih dari usaha kita mendekati-Nya, karena inti dari sebuah ibadah adalah MENDEKATKAN DIRI KEPADA ALLAH.
Dengan ungkapan sederhana dan dari kedangkalan ilmu yang saya miliki saya hanya mampu untuk mengajak semua sahabat yang sudi membaca tulisan ini, mari kita membaca firman Allah yang tersirat dan tersurat, dan berusaha semaksimal mungkin guna melaksanakan perintahnya dari firman-firman itu, Allah telah memberikan kekuatan kepada kita semua tinggal kita memaksimalkan potensi itu untuk beribadah kepadanya dengan melaksanakan segala perintah Allah.
Apabila ada kesalahan cara pandang saya mohon maaf dan dengan kerendahan hati mohon koreksi, kepada semua pihak. hanya Allah yang mengetahui kebenaran dan saya mahluknya yang banyak ke khilafan.
Astagfirullohal'adzim.... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon mengisi Komentar karena kritik, saran & komentar sangat kami butuhkan...